Aplikasi O2 Meter untuk Oximeter Bisa Tidak? Cek disini faktanya

Diposting pada

Belum lama ini, WHO menghimbau semua warga, terutamanya yang menjalani karantina mandiri, untuk mempunyai oximeter. Alat ini dipakai untuk menghitung kandungan oksigen pada darah dan mencegah masalah kesehatan yang bisa disebabkan karena minimnya oksigen pada tubuh.

Oximeter (pulse oximeter) merupakan alat pengukuran kandungan oksigen pada darah. Alat ini penting untuk Anda punya karena keadaan kurangnya oksigen pada tubuh biasanya tidak memunculkan tanda-tanda.

Walau sebenarnya, keadaan itu benar-benar beresiko dan memberikan ancaman nyawa jika tidak segera diatasi. Oleh karenanya, penting selalu untuk mengawasi kandungan oksigen pada tubuh, khususnya untuk seorang yang dipastikan positif COVID-19 dan sedang jalani karantina mandiri

Aplikasi O2 Meter

Sampai sekarang, jumlah kasus positif COVID-19 masih bertambah. Beragam lembaga kesehatan, terhitung WHO, mulai merekomendasikan warga untuk menyiapkan oximeter di dalam rumah.

Namun ada beberapa masalah yang dihadapi sekarang ini harga oxymeter ini menjadi mahal dan langka untuk dicari baik di offline maupun marketplace.

Beberapa orangpun mencari cara untuk mengatasi hal ini. salah satu yang mereka upayakan adalah dengan mencari aplikasi Oximeter di Android.

Sebelum jauh kesana ada baiknya anda mengetahui cara sistem kerja oximeter terlebih dahulu

Pulse oximeter mengukur kadar oksigen dengan memeriksa hemoglobin dan denyut alami aliran darah pembuluh arteri. Karena hemoglobin dapat menyerap cahaya, oksimeter dilengkapi dengan sumber dan pendeteksi cahaya, serta mikroprosesor untuk memantau hemoglobin.

Aplikasi O2 Meter
Aplikasi O2 Meter

Satu sisi oksimeter memiliki sumber cahaya merah dan inframerah. Dua cahaya tersebut disebarkan ke jaringan tubuh dengan pendeteksi cahaya di sisi lain oksimeter. Hemoglobin yang kaya oksigen pasti menyerap lebih banyak inframerah, dan yang kekurangan oksigen akan menyerap cahaya merah.

Mikroprosesor pada oksimeter digunakan untuk menghitung perbedaan kadar oksigen dan mengonversinya ke nilai digital. Selain SpO2, denyut jantung juga akan ditampilkan pada layar. Jika SpO2 berkisar 95-100 persen, maka hasilnya normal. Namun, jika turun hingga di bawah 85 persen, cepat cari bantuan medis.

Aplikasi O2 Meter Asli atau Hoax?

Nah sekarang ini Viral aplikasi O2 Meter yang dikatakan bisa untuk mengukur kadar oksigen hanya menggunakan handphone kamera dan senter saja. viralnya aplikasi ini diawali dengan beredarnya pesan whatsapp yang sudah dikirim berulang kali.

namun setelah beberapa waktu ini kami mengecek apakah aplikasi ini bekerja atau tidak sayang sekali bahwa aplikasi ini sudah tidak tersedia di google play store.

kemungkinan memang aplikasi ini tidak bisa membaca satruasi oksigen menggunakan handphone. solusi terbaik yang bisa kalian lakukan adalah membeli oximeter meskipun harga yang ditawarkan sedikit mahal. lebih baik mencegah dari pada harus terjadi hal hal yang tidak diinginkan. semoga informasi ini bermnfaat untuk kalian semua ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *